Kamis, 01 November 2012

Ulang Tahun



Apa yang spesial dari ulang tahun, hanya sebuah perputaran hari ke hari hingga sampai ke satu tanggal yang sama di bulan yang sama, namun di tahun yang berbeda. Nothing special!

Tapi, bagi seseorang, yah seseorang di tiap kamar, di dalam rumah, di sebuah daerah, di dalam kota, di salah satu negara, di dunia ini, akan merasakan bahwa itu adalah istimewa. Sebuah hal yang berharga. Percaya ataupun tidak.

Bagi seorang ibu misalnya, hari kelahiran anaknya, apalagi anak pertama adalah moment tak terlupakan. Ia menanti dengan penuh pengharapan, berharap anaknya lahir dengan sehat, menjadi anak yang baik, cerdas, juga berbakti.

Begitu juga dengan sang ayah, yang menunggu dengan penuh kewas-wasan di ruang bersalin. Berharap agar istri yang dicintai bisa melahirkan dengan selamat, juga anaknya. Walaupun ekpresi khawatir tidak tampak di wajahnya.

Jadi, ulang tahun itu tetap istimewa kawan. Karena, hari itu hari pertama kau menghirup udara di dunia ini. Dan, hari di mana kau menjadi seseorang yang akan bertanggung jawab untuk dirimu, nanti. Ada banyak orang yang menantimu, melihatmu dengan senyuman manis, bertemankan buah tangan walau sekedar sekotak perlengkapan mandi di tangannya.

Lalu bagaimana mungkin kamu bisa mengatakan hal itu tidak penting?
Tidak boleh mengucapkannya, walau hanya sebuah kalimat "Selamat Hari Lahir"?

Karena kau tau, ada banyak orang di dunia ini yang merasakan bahwa dia bukan siapa-siapa, tidak berarti dan tak dikehendaki. Sehingga, ada atau tidaknya dia tidak akan mempengaruhi apa-apa. Dia, setidaknya dia adalah orang yang akan sangat berbahagia saat ada yang mengucapkan kalimat, "Selamat hari lahir kawan, aku berterima kasih kepada Tuhan, karenaNya kau bisa ada di dunia ini. Ada di sini, di dekatku."

Dia mungkin hanya akan tertawa dan seakan acuh menanggapi kalimat itu, tapi andai kau tau, andai kau bisa melihat, di bola matanya telah menggenang air yang tertahan. Haru. Bahagia. Ternyata, ada yang menghargai kehadirannya, walau itu hanya satu orang. Ya, itu kamu. Temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar