Jumat, 05 April 2013

#CeritaHijrah Part 1

Kemarin ngebaca salah satu artikel tentang cerita hijrah seseorang, jadi tertarik untuk ikutan nulis. Biar gak lupa nantinya, biar ceritanya bisa diinget terus kalo dituliskan. ^^

Jadi begini ceritanya *jiyaaaah. Pertama kali memutuskan untuk menggunakan jilbab dan ingin berubah jadi wanita shalehah *uhuk* itu September 2006, sebelumnya juga niat itu udah ada, tapi slalu aja ada alasan untuk bilang BELOM SIAP. Sampe akhirnya beneran berjilbab di September itu, di awal semester 1.

Aku gak langsung berhijab kaya sekarang, "Semua butuh proses non!". Begitu kataku, dulu. Untungnya prosesku itu gak lama, paling dua bulanan lah merasakan jadi kaya 'hijabers' sekarang ini; pake jeans, kerudungnya dililit di leher, pake kaos sesuka hati.

Di Oktober 2006 aku ikutan kajian yang diadakan oleh LDK, jadinya ikutan halaqah gituh deh. Agak minder sih dulunya waktu ketemu sama mb-mb LDK yang jilbabnya panjang-panjang, jadi ngerasa kaya anak nakal gitu akunya. Padahal udah pake jilbab juga sih, -___-"

Sampe beberapa kali pertemuan aku tetep dengan gayaku itu, juga temen-temenku yang 11-12 lah sama akunya. Murabbiku saat itu menyampaikan materi tentang aurat dan pakaian, yah di sana dijelaskan tentang batasan aurat wanita itu seperti apa dan pakaian yang harusnya digunakan oleh seorang muslimah.

Kain yang menutup dada, tidak transparan, pakaian yang longgar, tidak membentuk lekukan tubuh, tidak menyerupai pakaian laki-laki, juga bukan pakaian wanita-wanita kafir. Yah itulah yang saat itu disampaikan oleh murabbiku dan alhamdulillah masih inget sampe sekarang, amalannya banyak mb itu. Hehehe. Semoga Allah selalu memberkahinya, jadi kangen deh. :)

Sejak hari itu pakaian lamaku 'terpaksa' dijual ke beberapa temen SMA yang emang suka sama baju-bajuku, yah uangnya buat beli rok juga baju-baju layak pakai. Soalnya uang jatah beli baju udah dibeliin baju-baju kuliah yang tadi terpaksa dijual itu. Hihihi.

Where there's a will, there's a way. Karena niatan untuk berhijrah itu begitu kuat, akhirnya banyak sekali cara Allah memberikan pertolonganNya. Aku dikasih banyak pakaian mb-mb LDK yang udah gak dipakai lagi, dan pakaian itu masih bagus-bagus loh, cantik lagi. Ibu juga yang sebelumnya kurang suka aku pake jilbab panjang, eh malah ngajakin ke toko langganannya untuk ngebeliin aku beberapa pakaian baru.

Sekarang saat ngebuka lemari, di sana udah terlipat rapih jilbab, gamis, rok, baju-baju, manset dengan bermacam warna, kaos kaki juga. Berikut dengan aksesorisnya, bros, peniti dan jarum pentul. Dan hampir semuanya itu bukan pakaian yang dulu, karena sebagian udah di'pinjam'kan lagi ke mereka yang membutuhkannya.

Seseorang pernah bilang, "Yah enak sih kamu itu banyak duit, jadi kalo mau berjilbab langsung beli. Langsung bisa berubah total. Kami kan dak punya duit, jadi susah kalo mau pake jilbab kaya gitu." Hmmm, andai mereka tau kalo dulunya aku itu cuma punya 2 lembar jilbab harga 10.000an, 2 rok, juga 3 kemeja. Dan itu dipake terus ketika kuliah, sebelum akhirnya dapet 'hadiah' dari mereka yang dikirim oleh Allah.

Hidup ini memang membutuhkan proses. Bedanya ada yang berlama-lama menjalani proses itu dan yang lainnya melesat untuk menuju proses yang lebih jauh. Mau pilih yang mana itu kembali ke kitanya. Tapi yang perlu diinget, waktu kita itu terbatas. Bisa saja kita takkan pernah bertemu hari esok. Menyesal udah pasti, kenapa kemarin tidak semaksimal mungkin membenahi diri untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar