Senin, 18 Februari 2013

Donor Darah

"Dibutuhkan darah A untuk ............., pasien leukimia, malam ini...."

Itu adalah satu diantara banyaknya pesan yang masuk di handphone tentang donor darah, di tiap bulan atau bahkan tiap pekan pesan serupa sering mampir di handphoneku. Ada sebuah kalimat yang tersirat dalam barisan pesan itu, ADA YANG MEMBUTUHKAN BANTUANMU.

Saya hampir slalu menghela nafas, sambil kemudian memforward pesan tersebut ke beberapa contact di handphone. Rasanya saya ini kurang bisa bermanfaat, sehingga harus mentransfer ke orang lain yang dirasa lebih bisa diandalkan.

Bukannya saya tidak mau mendonor darah, dulu saya malah pernah beberapa kali ke PMI untuk mendonorkan darah saya yang kebetulan sama dengan darah si pasien yang saya kenal itu. Tapi, setibanya di PMI petugas langsung mengatakan, "Dek, tunggu di luar saja." Ketika saya bilang saya mau donor, petugas itu melihat saya dengan seksama lalu meminta saya keluar. Saya tanya kenapa, dia hanya bilang "Tidak lulus kualifikasi!"

Perasaan yah, badan saya ini dibilang paling gemuk diantara temen-temen saya yang emang lebih kurus dari rata-rata orang kurus, #ehh. Yah, berat badan saya saat itu 45 KG. Tapi, tetap ditolak, karena katanya gak mencukupi kriteria yang seharusnya.

Akhirnya saya keluar dengan perasaan sedih, karena gak bisa bantu apa-apa, selain do'a. Apalagi sekarang, berat badan saya ini hanya 42 KG, dan saya didiagnosis menderita tekanan darah rendah, yang tidak akan pernah diizinkan untuk mendonor, orang saya aja butuh didonor, kata temen saya suatu hari. -___-"

Padahal yah, donor darah itu manfaatnya banyak, selain untuk membantu orang yang membutuhkan juga baik untuk si pendonor. Darahnya akan mengalami pergantian darah yang jauh lebih baik, darahnya juga akan jauh lebih sehat. Dan, katanya kita jadi bisa gemukan dikit kalo rajin donor darah, hmmm! :)

3 komentar:

  1. :))
    ayo semangat makan ci...
    aku jga dulu gitu, ga berani donor karena tau ga bakalan lulus persyaratan.
    tapi aku banyak makan dll akhirnya aku bisa lulus... ^___^

    tapi sekarang aku setaun ga donor darah gegara abis operasi itu sih.. *kemudian hening* =..=

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku itu suka makan Ncuss, malah sekarang rajin minum susu biar gemukan dikit. Eh, badanku belom gemuk-gemuk juga, apa aku cacingan yak? =))

      Yah, diakuin deh kadang jarang makan juga, banyakan ngemilnya sih. Makannya kalo lagi minat dan sempat, kalo udah ngantuk biasanya milih tidur ketimbang makan. :|

      Hapus
  2. hahaha
    sama kayak aku.
    tapi jangan nyerah lah...
    aku abis operasi juga tinggal kulit sama tulang, 39 kilo.
    tapi sekarang udah 48 kg lagi B-)
    semangaatt...... =D

    BalasHapus